RENUNGAN "DIA ADALAH DAMAI SEJAHTERA KITA"

Bacaan : MIKHA 5 : 1 - 4a
Saudara,.....
TUhan selalu konsekuen dengan pemeliharaanNYA, yaitu selalu memilih yang kecil menjadi alat untuk melakukan kehendakNYa. Sebab yang kecil biasanya lemah dan tak berdaya, sehingga menjadi objek perlakuan tidak adil dari yang besar,yang kuat dan berkuasa. Tuhan memilih israel sebagai bangsa dan umat gembalaanNYA karena janjiNYA kepada bapa leluhur israel, dan juga karena israel bangsa yang kecil diantara bangsa-bangsa.

Pada zaman Mikha, bangsa israel yang kecil dan lemah itu, sedang menjadi sasaran penyerangan asyur, bangsa yang besar dan kuat.Israel sudah pasti tidak akan mampu melawan asyur. Sehingga berita penyerangan itu sudah terdengar, rakyat menjadi panik dan kacau. Dalam kepanikan itu munculah harapan untuk mengalami lagi keadaan seperti pada zaman raja Daud dan Salomo. Maka mikha pun diutus oleh TUHAN untuk menenangkan seluruh rakyat agar tidak panik terhadap asyur, dan sekaligus meneguhkan pengharapan Mesianis mereka. Berita yang disampaaikan mikha adalah bahwa pada saatnya TUHAN akan memunculkan seorang raja untuk memerintah Israel. Raja itu akan muncul dari Betlehem di Efrata; kaum (distrik) Yehuda yang kecil dan tidak diperhitungkan oleh kaum (distrik) Yehuda lainnya. Raja yang dimunculkan TUHAN itu akan taat dan setia kepada TUAHN, serta menggembalakan ( membebaskan, menjaga dan memimpin) Israel dengan kekuatan TUHAN dan dalam kemegahan nama TUHAN.  Pada masa pemerintahannya, israel akan dibebaskan dari segala tekanan bangsa asing, dan mengalami hidup tentram dan sejahtera seperti pernah dialami di masa pemerintahan Dauda dan Salomo, sehingga namanya terkenal sampai ke ujung bumi.


Nubuat mikha digenapi dalam YESUS yang lahir di Betlehem-Efrata. YESUS adalah KRISTUS (Raja) yang membawa damai Sejahtera; bukan hanya kepada israel, tetapi bagi seisi dunia, khusus kita yang percaya kepadaNYA sebagai Israel baru. Pada masa pemerintahanNYA, semua manusia dibebaskan dari rasa takut dan mengalami hidup yang tentram dan sejahtera. Seluruh dunia mengenal namaNYA. Karena itu, marilah kita siapkan hati, pikiran dan seluruh hidup kita untuk menyambut YESUS, sebab DIA adalah damai sejahtera kita.


Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA