KATA SAMBUTAN BADAN PELAKSANA MUPEL GPIB BALI – NTB ( DALAM ACARA PEMBUKAAN SIDANG TAHUNAN MUPEL GPIB BALI – NTB 2012 )


Dengan penuh sukacita, Badan Pelaksana Mupel GPIB Bali – NTB menyambut kehadiran Bapak, Ibu dan Saudara selaku perutusan Jemaat – Jemaat GPIB se Mupel Bali – NTB dalam acara Sidang Tahunan Mupel tahun 2012 di hotel Bumi Asih Renon, Denpasar – Bali. Perjalanan pelayanan tahun 2011 – 2012 pun berakhir disini sekaligus memulai lagi pengembaraan di tahun 2012 – 2013 dengan harapan apa yang telah kita kerjakan dan laksanakan secara bersama – sama dalam mewujudkan kebersamaan di tahun 2011 – 2012 akan terus berlanjut bahkan semakin berkembang pada tahun 2012 – 2013.

Sidang Tahunan Mupel adalah wadah kita bermusyawarah guna menyatukan hati, pikiran dan sikap guna menjabarkan hasil Ketetapan Persidangan Sinode Tahunan yang baru saja berakhir pada 25 Februari 2012 yang lalu di kota Medan, Sumut serta mengarahkan kegiatan – kegiatan bersama untuk tugas pelayanan di tahun 2012 – 2013 dalam konteks regional Mupel Bali – NTB. Tahun pelayanan 2012 – 2013 akan diwarnai oleh proses pemilihan Diaken – Penatua GPIB serta pengadaan / pemilihan fungsionaris Unit – unit Misioner. Terkait dengan hal itu, PKUPPG menetapkan pada tahun 2012 – 2013 tema pelayanan GPIB adalah “Kepemimpinan Yang Membangun Masyarakat.” Di belakang tema ini, harapannya adalah Diaken – Penatua GPIB yang terpilih menjadi pelayan – pelayan Tuhan yang melayani dengan pola kepemimpinan yang membangun komunitas sosial disekitarnya yang berbasis sosio – religius.

Disamping melaksanakan tugas evaluasi terhadap pelaksanaan dan pengembangan program kerja dan anggaran tahun 2011 – 2012, Sidang Tahunan Mupel ini pun bertugas untuk menghasilkan program kerja yang baru pada tahun 2012 – 2013. Sidang Tahunan Mupel 2012 ini pun bersifat strategis mengingat terdapatnya program sinodal yakni Pemilihan Diaken – Penatua GPIB dan itu berlangsung selama enam bulan terhitung April s/d Oktober 2012. Bahkan sesudah proses pemilihan Diaken – Penatua itu selesai, berlanjut lagi dengan pengadaan unit – unit misioner, berupa pemilihan fungsionaris komisi – komisi dan Pelkat yang berlangsung November 2012 sampai dengan Maret 2013. Itu berarti berbagai aktifitas yang hendak dtetapkan pada tahun 2012 – 2013, hendaknya memperhatikan kebutuhan terhadap alokasi waktu dan dukungan anggaran yang tidak kecil di Jemaat – Jemaat, dengan lain perkataan menempati skala prioritas utama.

Mengingat fungsi Mupel adalah jembatan dinamis diantara dua kebutuhan, sinodal dan lokal Jemaat, maka kebutuhan atas kebersamaan di Mupel hendaknya tetap mencerminkan kekuatan kebersamaan itu seperti yang sudah kita nyatakan pada tahun – tahun sebelumnya. Satu agenda sinodal yang berskala besar yang akan dilaksanakan di tahun 2012 – 2013 adalah Ibadah Syukur Agung Pelkat Gerakan Pemuda, dimana Mupel GPIB Bali – NTB menjadi penyelenggaranya. Artinya dibutuhkan komitmen seluruh Jemaat untuk mensukseskan hal itu sekali pun harus melaksanakan proses pemilihan Diaken – Penatua GPIB. Disamping itu, kebutuhan atas pembentukkan lembaga UP2M di Mupel yang berbasis UP2M di Jemaat, hendaknya menjadi solusi terhadap pemberdayaan ekonomi warga di Jemaat, tegasnya sudah saatnya perekonomian warga kita tindak – lanjuti secara serius. Karena itu keberhasilan warga GPIB di Jemaat Ekklesia BUNR – Tuban dengan usaha anggur Roselanya dan warga GPIB Jemaat Eben haezer Gianyar dengan tepung ubi – kayunya, juga usaha warga GPIB Jemaat Maranatha Denpasar dengan ternak ikan lelenya, secara melembaga dapat ditingkatkan dan dimantapkan, sehingga seluruh Jemaat memiliki usaha pemberdayaan ekonomi.

Catatan terakhir, mengingat Sidang Tahunan Mupel 2012 ini menjadi sidang terakhir para Diaken – Penatua masa tugas tahun 2007 – 2012 yang juga berarti akhir dari tugas Pelaksana Harian Majelis Jemaat masa tugas 2010 – 2012, maka tidak ada salahnya jika pada kesempatan ini, atas nama Badan Pelaksana, diucapkan Terima Kasih banyak dengan memberi penghargaan yang besar atas semangat dan kinerja bersama yang ditunjukkan untuk mendorong dan mewujudkan kebersamaan baik secara melembaga melalui berbagai kegiatan mau pun perorangan di dalam wadah Mupel GPIB Bali – NTB. Harapan tentunya, dengan terpilihnya Diaken – Penatua masa tugas tahun 2012 – 2017 dan PHMJ masa tugas tahun 2012 – 2014 kekuatan kebersamaan kita di Mupel GPIB Bali – NTB tetap terpeliharan bahkan semakin matang dan mantap untuk menghadirkan kepemimpinan yang membangun masyarakat.

Secara khusus kepada Majelis Sinode GPIB yang hadir atas undangan Badan Pelaksana, untuk menyampaikan Kata Sambutan dan membuka Sidang tahunan Mupel ini serta memberi arahan dalam rangka penyusunan program kerja tahun 2012 – 2013, juga membawakan Penelaahan Alkitab tentang tema pelayanan GPIB tahun 2012 – 2013, diucapkan terima kasih. Demikian halnya kepada GPIB Jemaat Syalom Munang – Maning Denpasar sebagai pelaksana Sidang Tahunan Mupel 2012 dengan team kerjanya yang sudah bekerja keras untuk memberi yang terbaik kepada seluruh peserta dengan pelayanan yang maksimal, diucapkan terima kasih. Terakhir kepada fungsionaris BPPM yang baru terbentuk tahun 2011 dan yang akan berakhir masa tugasnya pada periode 2011 – 2013 diucapkan terima kasih atas kerja samanya dalam menunaikan tugas verifikasi bidang perbendaharaan Mupel.

Mari kita masuki Sidang Tahunan Mupel tahun 2012 ini dengan harapan Tuhan Yesus Kristus kepala Gereja, memberkati usaha kita untuk memantapkan dan mematangkan kebersamaan itu dengan menghasilkan program kerja dan anggaran tahun 2012 – 2013, Tuhan memberkati.


BADAN PELAKSANA MUPEL GPIB BALI – NTB,



Pendeta ADRIANO WANGKAY, S. TH
Ketua

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA