RENUNGAN AKHIR TAHUN

TUHAN AKAN TERUS MENGEMBALAKAN HIDUP KITA

Mazmur 23 : 5 – 6

Tanpa terasa kita telah sampai di hari terakhir tahun 2010. Beberapa jam lagi kita akan menutup lembaran hidup kita di tahun yang lama 2010 dan segera memasuki tahun baru 2011.
Sebagian dari kita mungkin menganggap perjalanan hidup sepanjang tahun ini sebagai hal biasa. Tetapi kebanyakan dari kita pasti akan menganggap dan mengalaminya sebagai hal yang indah dan ajaib, yang Tuhan anugerahkan bagi kita. Sebab kita tahu bahwa kehidupan sepanjang tahun ini tidak mudah. Siapa yang bisa bertahan dalam kesulitan ekonomi, kekacauan politik, bencana alam, ancaman dan teror, kemiskinan, pengangguran, pelanggaran HAM serta semua yang telah terjadi dan mewarnai kehidupan sepanjang tahun ini? Tidak seorangpun akan mampu bertahan, jika Tuhan tidak menyertai dan menolong kita. Tuhan memperhatikan kehidupan kita sehingga ketika kita berada dalam situasi yang sulit dan penuh tantangan maka ia segera menyelamatkan kita serta memimpin kita melewati berbagai situasi sampai tiba di penghujung tahun ini.
Bacaan kita di malam akhir tahun ini ingin menggemakan kembali tantang pengembalaan Tuhan terhadap kehidupan kita sebagai domba-domba-Nya di sepanjang tahun ini. Tugas gembala adalah menggembalakan domba-domba supaya domba-domba tidak kekurangan apa pun, khusus makanan dan minuman. Karena itu, gembala selalu menggembalakan domba-domba ke padang rumput yang hijau dan air yang sejuk. Tidak hanya itu, gembala juga selalu memimpin domba-domba untuk berjalan di jalan yang rata agar domba-domba tidak terjatuh. Gembala juga harus selalu melindungi domba-domba dari serangan binatang buas, sehingga doma-domba selalu merasa terlindung dan tidak takut bahaya.
Penjelasan tersebut di atas secara umum adalah gambaran tugas dari gembala yang baik dan bertanggungjawab terhadap keselamatan domba-domba gembalaanya. Sebab kita tahu bahwa ada juga gembala yang jahat. Gembala yang jahat bekerja hanya untuk upah. Ia tidak peduli domba-domba sehat atau sakit. Ia hanya memikirkan diri dan keselamatannya sendiri. Ketika binatang buas datang ia menghindar dan tidak melindungi domba-dombanya, sehingga domba-domba tercerai-berai dan bahkan dimakan oleh binatang buas.
            Tuhan adalah Gembala yng baik. Ia selalu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Ia juga telah menuntun serta menggembalakan kita, sehingga kita mampu menjalani kehidupan sepanjang tahun di tengah berbagai kesulitan dan tantangan, godaan dan musuh mengganggu dan mengancam hidup kita. Kita pernah tersesat karena tidak mau dituntun oleh Tuhan sebagai gembala kita. Kita tidak berjalan di jalan yang benar sehingga musuh menerkam kita. Tetapi sang gembala yang baik, yakni Tuhan selalu mencari dan membawa kita kembali. Ia menghalau musuh-musuh kita, bahkan menjamu kita di hadapan musuh-musuh kita. Tidak hanya itu, Tuhan sebagai gembala juga mengangkat kita sebagai orang pilihan-Nya dan mengurapi kita. Ia bahkan menjamin bahwa jika kita menyerahkan kehidupan kita dibimbing oleh-Nya maka segala sesuatu yang kita lakukan akan berhasil. Piala hidup kita tidak pernah kosong, tetapi melimpah. Sehingga setiap kita melangkah di sepanjang jalan hidup ini, kita selalu akan diikuti dengan kebajikan dan kemurahan-Nya. Kita akan mengalami hidup sejahtera dan bahagia selamanya, sehingga ingin bersama dan bersekutu dengan-Nya selalu di dalam rumah-Nya.
            Tuhan Yesus yang sudah datang. Ia datang untuk kita sebagai umat gembalaan-Nya. Kita semua pasti sudah menyambut dan menerima Dia di hati dan hidup kita. Tuhan Yesus adalah gembal yang baik bagi kita. Ia sangat mengenal setiap pribadi dan keluarga kita yang sudah menyambut dan menerima-Nya. Ia juga pasti sangat mengetahui keberadaan kita, khusus apa yang kita butuhkan di tahun baru yang akan kita jelang. Tidak ada seorang pun di antara kita yang tahu apa yang akan terjadi di tahun baru nanti. Semua masih gelap dan kelam bagi kita. Tetapi Tuhan Yesus mengetahui semuanya. Segala sesuatu yang akan terjadi di tahun baru masih rahasia bagi kita, tetapi tidak bagi Tuhan Yesus. Peperangan, penindasan, kemiskinan, kelaparan, gempa bumi dan berbagai kesulitan ekonomi, politik dan sosial yang mengancam kehidupan kita di tahun baru, Tuhan Yesus tahu. Karena itu, ia pasti telah merencanakan segala sesuatu yang baik dan indah  kepada kita sehingga kita akan menghadapi dan mengatasi semua kesulitan dan ancaman tersebut. Masalahnya sekarang adalah ’apakah kita mau menyerahkan diri dan hidup serta usaha/pekerjaan atau pelayanan kita kepada Tuhan Yesus, sang gembala kita? Apakah kita mau memberi diri kita untuk dibimbing oleh-Nya? Apakah kita mau berjalan mengikuti-Nya di jalan yang benar, dan tidak berjalan mengikuti jalan kita sendiri?
            Firman Tuhan hari ini mengatakan bahwa jika memberi diri serta seluruh hidup dan kerja/pelayanan kita ke dalam pengembalaan sang gembala kita yang baik, yakni Tuhan Yesus maka lihatlah nanti bahwa di tahun baru kita semua, baik pribadi, keluarga dan persekutuan, tidak akan pernah kekurangan. Piala hidup kita tidak akan pernah kosong, tetapi melimpah terus. Setiap kali kita melangkah di sepanjang jalan hidup ini, di mana, kapan dan bagaimana pun, kita akan selalu diikuti dengan kebajikan dan kemurahan Tuhan. Tubuh, roh dan jiwa kita kuat dan sehat karena selalu dikenyangkan dengan firman Tuhan. Kita mampu melakukan tugas dan pekerjaan kita dengan sukacita. Karena Tuhan akan membuatnya berhasil. Ia juga akan menghalau semau lawan atau musuh yang menantang dan mengancam hidup kita. Sehingga kita semua akan mengalami hidup sejahtera dan bahagia selamanya. Baik di bumi, maupun di surga kelak, Ia akan selalu bersama kita dan kita kita juga akan selalu bersama dan bersekutu  dengan-Nya di dalam rumah-Nya untuk memuji Dia dan bersyukur kepada-Nya.
Mari kita tinggalkan tahun yang lama 2010 dengan penuh syukur dan bersiap menyongsong dan memasuki Tahun Baru, Tahun Rahmat TUHAN, 2011 dengan sukacita karena Tuhan Yesus akan berjalan bersama kita untuk memasukinya, dan bahkan Dia akan terus menggembalakan kita dengan kasih dan kesetiaan-Nya. SELAMAT! --------AF-----------


Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA