HUT Pelayanan Kategorial Persekutuan Teruna ke-29 Pesta Aneka KrEasi Teruna (PAKET)

KETENTUAN LOMBA-LOMBA

 A.     LOMBA DEBAT
1)      Tema: Teruna dan Teknologi.
2)      Peserta lomba debat adalah teruna-teruni GPIB Maranatha Denpasar, kelas Eka dan Dwi.
3)      Masing-masing sekpel Persekutuan Teruna mengirim satu kelompok debat. Khusus sekpel yang berjumlah lebih dari 20 orang anggota (Maranatha dan Efatha) boleh mendaftar lebih dari satu kelompok debat.
4)      Satu kelompok debat terdiri dari 3 orang anggota dan tiap anggota kelompok wajib mengeluarkan pendapat/sanggahan saat debat berlangsung.
5)      Satu orang teruna hanya boleh bergabung dalam satu kelompok debat saja.
6)      Peserta debat tidak diperkenankan menggunakan alat bantu selama proses lomba debat berlangsung. Alat bantu yang dimaksudkan adalah seperti laptop, PDA, i-Pad, telepon genggam/HP, kalkulator, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya.
7)      Pendaftaran lomba debat adalah melalui kak Amel atau bisa melalui kakak layan/motivator sekpel masing-masing, mulai hari Minggu, 15 Januari 2012 s/d hari Kamis, 26 Januari 2012 pk.17.00
8)      Lomba  debat akan diakan pada hari Minggu, 29 Januari 2012 (jika ada perubahan tanggal akan diberitahukan pada saat IMPT).

 B.     LOMBA CERDAS CERMAT ALKITAB (CCA)
1)      Peserta lomba CCA adalah teruna-teruni GPIB Maranatha Denpasar, kelas Eka dan Dwi.
2)      Masing-masing sekpel PT mengirimkan satu kelompok. Khusus sekpel yang berjumlah lebih dari 20 orang anggota (Maranatha dan Efatha) boleh mendaftar lebih dari satu kelompok CCA.
3)      Satu kelompok CCA terdiri dari 3 orang anggota dan harus terdiri dari perwakilan kelas Eka dan Dwi.
4)      Satu orang teruna hanya boleh bergabung dalam satu kelompok CCA saja.
5)      Peserta CCA tidak diperkenankan menggunakan alat bantu selama proses lomba CCA berlangsung. Alat bantu yang dimaksudkan adalah seperti laptop, PDA, i-Pad, telepon genggam/HP, kalkulator, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya.
6)      Materi lomba CCA adalah bahan pengajaran IMPT selama triwulan terakhir 2011 (materi IMPT bulan Oktober-Desember 2011) ditambah dengan materi seputar pengetahuan umum Alkitab.
7)      Pendaftaran lomba CCA adalah melalui kak Amel atau bisa melalui kakak layan/motivator sekpel masing-masing, mulai hari Minggu, 15 Januari 2012 s/d hari Kamis, 26 Januari 2012 pk.17.00
8)      Lomba CCA akan diakan pada hari Minggu, 29 Januari 2012 (jika ada perubahan tanggal akan diberitahukan pada saat IMPT).

C.      LOMBA FOTOGRAFI
1)      Tema: Technology Addicted (Kecanduan Teknologi).
2)      Peserta lomba Fotografi adalah teruna-teruni GPIB Maranatha Dps, kelas Eka dan Dwi.
3)      Satu orang peserta hanya boleh mengirimkan satu buah karya foto saja.
4)      Hasil foto merupakan hasil karya pribadi peserta, bukan hasil karya orang lain atau diambil dari internet.
5)      Hasil foto dibuat dengan kamera manual (bukan kamera digital atau kamera HP).
6)      Hasil foto tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
7)      Hasil foto belum pernah dilombakan sebelumnya.
8)      Peserta harus mencantumkan judul dan spesifikasi hasil foto.
9)      Hasil foto yang dikumpul berukuran 10 R
10)   Hasil foto dikumpul dengan mencantumkan data pribadi peserta (nama lengkap, umur, alamat, no telp, dan nama sekpel PT) di belakang hasil foto.
11)   Hasil foto dikumpulkan melalui kak Gilda atau bisa melalui kakak layan/motivator sekpel PT masing-masing mulai tanggal 29 Januari 2012 s/d 12 Februari 2012 pk.12.00.
12)   Pengumuman pemenang lomba fotografi akan diumumkan setelah Ibadah Syukur HUT Pelkat PT ke-29 (pada saat perayaan). Namun, jika sampai tgl 12 Februari 2012 peserta lomba fotografi kurang dari 6 orang, maka lomba fotografi ini akan ditiadakan/dibatalkan (harap dimaklumi ^_^).

D.     LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (KTI)
1)      Tema: Teruna, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
2)      Peserta lomba KTI adalah teruna-teruni GPIB Maranatha Dps, kelas Eka dan Dwi.
3)      Satu orang peserta hanya boleh mengirimkan satu buah karya tulis saja.
4)      Karya tulis merupakan hasil karya pribadi peserta, bukan hasil karya orang lain atau diambil dari internet.
5)      Karya tulis diketik pada kertas HVS ukuran A4 dengan format penulisan jarak 2 spasi, menggunakan jenis huruf Times New Romans (12pt).
6)      Karya tulis dibuat sepanjang 3-5 halaman.
7)      Karya tulis dikumpulkan melalui kak Gilda atau bisa melalui kakak layan/motivator sekpel PT masing-masing mulai tanggal 29 Januari 2012 s/d 12 Februari 2012 pk.12.00.
8)      Pengumuman pemenang lomba KTI akan diumumkan setelah Ibadah Syukur HUT Pelkat PT ke-29 (pada saat perayaan). Namun, jika sampai tgl 12 Februari 2012 peserta lomba KTI kurang dari 6 orang, maka lomba KTI ini akan ditiadakan/dibatalkan (harap dimaklumi ^_^).

E.      LOMBA VOCAL GROUP (VG)
1)      Peserta lomba VG adalah teruna-teruni GPIB Maranatha Dps dan boleh mendapat bantuan dari anggota Pelkat GPIB Maranatha Dps lainnya (maksimal 2 orang).
2)      Jumlah peserta dalam satu kelompok VG dibatasi minimal 6 orang dan maksimal 10 orang (sudah termasuk pemain musik).
3)      Satu orang anggota hanya boleh mengikuti satu kelompok VG saja dan tidak boleh membantu kelompok VG yang lain.
4)      Alat musik pengiring yang dipakai adalah alat musik akustik dan disediakan sendiri oleh masing-masing peserta. Tim kerja hanya menyiapkan alat bantu pengeras suara (sound system) pada saat lomba.
5)      Setiap kelompok peserta menyanyikan 1 buah lagu wajib dan 1 buah lagu pilihan.
6)      Lagu wajib     :
Mengikut Yesus Keputusanku (Kidung Muda-Mudi no.127)
7)      Lagu pilihan   :
Siapa yang Berpegang (Kidung Muda-Mudi no.144)
Haruslah Yesus Sepenuhnya (Kidung Muda-Mudi no.162)
Tuhan Yesus Sahabatku (Kidung Muda-Mudi no.133)
8)      Lagu dinyanyikan tanpa menggunakan teks/lirik/partitur.
9)      Juri akan menganggap gugur peserta yang didapati melakukan pelanggaran.
10)   Pendaftaran lomba VG adalah melalui Kak Martha atau bisa melalui kakak layan/motivator masing-masing sekpel, dimulai pada hari Minggu tgl 29 Januari s/d Senin 13 Februari 2012 pkl.20.00.
11)   Lomba akan diadakan pada hari Sabtu, 18 Februari 2012 pk.15.30 bertempat di GPIB Maranatha Dps.

catatan:
jika ada perubahan tangga-tanggall lomba, akan diberitahukan pada saat IMPT atau diposting di group FB. Ayo ambil bagian ya,adik2...daftarkan diri kalian....kalau bukan kita yg memeriahkan HUT kita sendiri, siapa lagi? ;-)

PETUNJUK PELAKSANAAN AKSI BAKTI SOSIAL & PEMBERDAYAAN – Bangka 2012

A. Latar Belakang

1. Pemahaman Iman GPIB sebagai payung teologi GPIB dalam melaksanakan Visi, Misi serta aksi Pelkat khususnya Pelkat Gerakan Pemuda.
2. PKUPPG sebagai kerangka landasan operasional yang mengarah pada tatanan kehidupan masyarakat yang rukun dan adil selama 5 tahun ke depan (KUPPG jangka pendek II, 2011-2016)
3. Program Sinode GPIB tahun program 2011 – 2012 yang dilaksanakan oleh Dewan Pemuda GPIB bekerjasama dengan UP2M (Unit Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat)
4. Sasaran kegiatan UP2M adalah pemberdayaan jemaat dan masyarakat di Pos Pelayanan dan Kesaksian (Pos Pelkes), melalui Program Pengembangan Usaha Pedesaan dimana pemuda diharapkan dapat menjadi ujung tombak dari kegiatan dimaksud.
5. Agar aksi sosial pemuda ke pos pelkes ini dapat menjadi efektif, maka Dewan Pemuda memberikan suatu konsep baru yang mengarah pada pemberdayaan ekonomi jemaat sehingga kemandirian warga jemaat dapat tercapai ke depannya.
6. Hasil koordinasi Dewan Pemuda GPIB dengan UP2M tentang penentuan lokasi pelaksanaan, yaitu di dusun air Abik, Belinyu - Bangka

Berdasarkan hal – hal tersebut di atas maka kami memberikan nama pada kegiatan ini :

”AKSI BAKTI SOSIAL & PEMBERDAYAAN”
ABSP – Bangka 2012

B. Tempat & Waktu Pelaksanaan

Tempat pelaksanaan : Pos Pelkes ‘Benih’, dusun Air Abik
Wilayah pelayanan GPIB Jemaat Immanuel - Belinyu
Mupel Bangka-Belitung
Waktu pelaksanaan : Sabtu s/d Jumat, Tanggal 11 – 17 Februari 2012.

C. Tema

”Manusia Bare’k yang t’ros-mener’os dibare’k agi’k”
(”Manusia baru yang terus-menerus diperbaharui”)
(Efesus 4 : 23,24)

D. Tujuan

1. Mengupayakan kemandirian warga jemaat GPIB khususnya di Pos Pelkes GPIB
2. Membantu pengembangan ekonomi jemaat di pos pelkes.
3. Membantu UP2M GPIB untuk melakukan Pengembangan Usaha Pedesaan di tempat kegiatan (Air Abik, Bangka).

E. Arti Logo ABSP

1. Burung Merpati, artinya adalah “pembawa berita sukacita”
2. Yang sedang terbang, artinya adalah “pekerja”
3. Daun Zaitun, artinya adalah “harapan baru”

Logo ini menggambarkan bahwa seluruh anggota tim ABSP ingin membaktikan dirinya untuk menjadi pembawa berita sukacita dan sebagai pekerja, pembawa harapan baru untuk jemaat GPIB khususnya dan masyarakat di luar GPIB pada umumnya.

F. Fokus Kegiatan

Rencana difokuskan pada :
1. Pengadaan Bibit Coklat serta Penanaman coklat.
2. Pengadaan Bibit Karet serta Penanaman pohon karet.
3. Pembinaan tentang Budidaya ikan lele
4. Pengadaan Bahan untuk pembangunan Kolam Lele & pemberian induk Lele jenis Sangkuriang.
5. Pembersihan lahan sengon.
6. Pemupukkan pohon sawit.
7. Pengobatan gratis untuk warga jemaat dan warga desa sekitar yang non kristen.
8. Pengadaan Bahan Bangunan untuk Pembangunan Toilet Gereja.
9. Pembinaan Pengelolaan Keuangan warga Jemaat.
Beberapa hal yang menjadi fokus kegiatan tersebut diatas, juga akan bermanfaat bagi peserta karena seluruh peserta akan dibekali dengan teknik-teknik pertanian, perikanan (khususnya budidaya lele), serta manajemen keuangan yang akan disampaikan oleh tenaga profesional.

G. Peserta

Target Maksimal peserta adalah 150 Warga Jemaat GPIB kategori umur pemuda yang dalam hal ini adalah PGP maupun AGP di seluruh wilayah pelayanan GPIB, Pelkat PKP, Pelkat PKB, Tenaga Bina atau Senior GP di jemaat masing-masing, Presbiter (Pnt/Dkn) dengan rekomendasi dari Majelis Jemaat.
Ketentuan umum sebagai berikut ;

1. Menjunjung Persekutuan, Pelayanan dan Kesaksian dengan mengikuti Peraturan ABSP – Babel 2012.
2. Sangat diharapkan membawa obat – obatan pribadi dan kebutuhan pribadi lainnya yang relevan dengan pergerakan di lapangan.
3. Untuk pencegahan hal-hal menyangkut kesehatan seperti malaria atau penyakit lainnya, disarankan agar peserta meminum obat 1 minggu sebelum berangkat ke lokasi dan membawa persediaan obat secukupnya.
4. Peserta membawa pakaian secukupnya selama 7 hari 6 malam, Sleeping Bag/Matras (disarankan), Sepatu segala kondisi (Sandal gunung/sepatu boot/sepatu kets), pakaian hangat, jas hujan/payung, Senter dan batere yang cukup, Topi, Alkitab.
5. Peserta yang secara fisik kurang sehat disarankan kepada jemaat agar tidak diutus.
6. Peserta tidak diperkenankan membawa barang elektronik mewah seperti Tablet Tab, Ipad, Laptop.
7. Maksimal tiap jemaat dapat mengutus 3 orang peserta per jemaat. (kecuali permintaan khusus dari Jemaat)

I. Pendaftaran, pembayaran serta akomodasi
1. Pendaftaran peserta paling lambat tanggal 31 Januari 2012. (apabila peserta melebihi target panitia sebelum tanggal tersebut diatas, Panitia akan menutup pendaftaran.)
2. Mengisi formulir pendaftaran dan wajib menyertakan Surat tugas dari Majelis Jemaat dimana peserta berdomisili.
Formulir pendaftaran, bukti pembayaran dan Surat Tugas tersebut sebelumnya dapat di-fax ke kantor Majelis Sinode up. : Dewan Pemuda, sampai dengan tanggal 31 Januari 2012. Sedang Berkas asli dari Formulir pendaftaran, bukti pembayaran dan surat tugas dapat diserahkan pada saat pendaftaran ulang kepada Panitia bertugas.
3. Pendaftaran ulang dilakukan di GPIB Maranatha-Pangkalpinang, Bangka pada tanggal 11 Februari 2012 s/d pukul 12.00 Wib
4. Kontribusi peserta per orang sebesar Rp.600.000,-(Enam Ratus ribu Rupiah)
5. Pembayaran kontribusi dapat dilakukan lewat transfer langsung ke rekening Dewan Pemuda ;
BCA : 2170251213 a/n. Eden Siahaan (Ketua DGP).
Mandiri : 1240005891719 a/n. Renzy R. Lumempouw (Bendahara DGP)
6. Untuk Peserta yang menggunakan transportasi udara, Panitia akan menjemput di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang pada tanggal 11 Februari 2011 sampai dengan pukul 12.00 untuk selanjutnya diantar ke “Meeting Point” di GPIB Maranatha-Pangkalpinang, Bangka.
7. Untuk peserta yang menggunakan transportasi laut, panitia akan menjemput di Pelabuhan laut Belinyu.(cat : apabila jadwal kapal Pelni tiba di Belinyu tgl.10-11 februari 2011)

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Panitia dan Dewan Pemuda;

Ketua Panitia : Eugene Manusama – 081519434323 (Pin BB : 274649A2)
Sekretaris Panitia : Anne Kaunang – 081315171701/081514444343
(Pin BB : 22FFF6DF)
Dewan Pemuda : Rudolf ‘Oweth’ Haurissa – 0812 8811 6060

Catatan :
Bila sebelum hari pelaksanaan ada peserta yang telah tiba di Pangkalpinang lebih awal dan membutuhkan tempat inap, dapat menghubungi panitia lokal atau Dewan Pemuda untuk dapat dicarikan tempat inap, dengan beban biaya inap ditanggung oleh peserta. Panitia hanya mengakomodir peserta selama kegiatan dimulai dan berakhir yaitu dari tanggal 11-17 Februari 2011.

J. Jadwal Kegiatan

Terlampir

K. Penutup

Demikianlah disampaikan Petunjuk Pelaksanaan ini, terima kasih atas perhatiannya.

Tuhan memberkati gerak pelayanan kita bersama,
Panitia ABSP Bangka – 2012

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA