MEMBUKA RAHASIA DIRI SENDIRI

Bacaan HAKIM-HAKIM 16 : 13-17
"Maka diceritakannya kepadanya segala isi hatinya, katanya : 'Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir Allah..." (ay. 17)

Saudara Terkasih ...
Jika tipu daya dibalas dengan tipu daya rasanya impas. Ini adalah perasaaan manusiawi - duniawi, diluar pandangan iman - orang percaya. Ada beberapa alasan orang melakukan penipuan, sehingga ketika dia tertangkap karena perbuatannya itu, maka jawabnya terdesak oleh keadaan ekonomi, tidak punya kerja, butuh biaya pengobatan keluarga dan seterusnya. Bagaimana kalau perbuatan menipu itu berasal dari orang dekat, keluarga dekat atau kerabat? Misalnya: menyangkut soal tanah, pemalsuan tanda-tangan dan sebagainya. Tentu kita kecewa berat karena ditipu olehnya, tanpa rasa curiga barang sedikitpun. Makanya orang bilang : dalam hubungan keluarga kita memang bersaudara tapi dalam hubungan bisnis - uang, tunggu dulu.
Delila adalah orang yang dikasihi Simson. Tapi siapa sangka, kalau Delila ada niatan buruk dihatinya untuk menjatuhkan Simson. Gara-gara bujukan para raja kota orang Filistin yang hendak memberikan kepadanya sejumlah uang, membuat Delila terjerumus dalam kejahatan. Bukankah akar dari segala kejahatan ialah cinta uang dan karena memburu uanglah orang menyiksa dirinya?  (band. I Tim 6:10). Dengan uang orang bisa menghasilkan segala cara, termasuk mengorbankan saudara atau keluarganya. Simson pasti tahu, apa maksud dan tujuan dari rayuan Delila, sehingga ketika dibujuk, ia menjawab sekenanya. Padahal Delila pikir itu adalah jawaban yang benar. Raja-raja Filistinpun dibuat tak berdaya oleh sikap Simson tersebut. Akhirnya Simson beritahukan juga rahasia hidupnya pada Delila.

Memang hidup rumahtangga Simson tidak seperti keadaan rumah-tangga lainnya. Ia mengasihi orang yang dicintainya, tapi mereka selalu mau memperdaya Simson, karena suatu kepentingan dan bahkan ada yang demi keselamatan diri dan keluarganya. Kiranya kita berhati-hati dalam menjalani hidup ini. Sabda Bina Umat 20072012

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA