MENGAKUI KESALAHAN


Bacaan YEREMIA 3 : 11-13

"Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu..."(ay. 13)
Belum lama berselang dunia penerbangan di Indonesia dikejutkan oleh jatuhnya pesawat super jet Sukhoi 100. Seluruh penumpang dan awak pesawat tak ada yang selamat. Menurut kabar pesawat tersebut sangat canggih, pilot dan co pilotnya sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Sampai sekarang belum diumumkan penyebab kecelakaan tersebut tetapi komentar para ahli mengatakan penyebabnya adalah  "human error"(faktor kesalahan manuia). Agen pesawat tersebut di Indonesia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh keluarga koban.
Israel dan Yehuda berbuat kesalahan yang sangat fatal, mereka sama-sama telah jatuh kedalam dosa. Sekalipun Israel merasa lebih benar ketimbang Yehuda, di mata TUHAN kesalahan keduanya sangat berat. Mereka tidak lagi mendengarkan suara TUHAN bahkan telah berbuat durhaka dengan menyembah berhala. Mereka telah murtad dengan membelakangi TUHAN.  mereka melakukan perzinahan yang keji di mata TUHAN. Sekalipun demikian  TUHAN tak dapat menyangkal diri-Nya bahwa Ia adalah kasih dan mengasihi umat pilihan-Nya. Ia mengutus Yeremia agar umat-Nya  mau berbalik kepada-Nya. Dengan penuh kasih Ia berkata, "Aku ini murah hati dan aku tidak akan murka untuk selama-lamanya" (12b). Hanya saja ada satu syarat yang Tuhan minta yaitu "akuilah kesalahanmu".

Sehebat apapun, sebagai apapun jabatannya, serohani apapun hidupnya, kita adalah manusia biasa yang biasa berbuat salah. Bersalah kepada Tuhan, kepada pasangan, orangtua, anak, bawahan dan sebagainya. Setiap kesalahan tentu memiliki kosekuensinya sendiri. Mengaku kesalahan terasa agak memalukan, tetapi merupakan cara terbaik membebaskan kita dari kesulitan berikutnya. Memelihara kesalahan hanya akan membuat hidup kita semakin sulit.

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA