MAKNA SEBUAH BEBAN


Siapa sih yang suka memikul beban? Tidak ada seorangpun yang suka akan beban. Lebih enak berjalan dengan tangan melenggang daripada berjalan dengan beban di tangan ataupun dipundak. Itu tandanya bahwa tidak seorangpun yang suka beban. Namun kenyataan tidak seorangpun juga diantara manusia yang bebas dari beban hidup dan pekerjaan. Ada-ada saja yang menekan, memberati dan membuat kita berjalan terseok-seok dan terbungkuk-bungkuk menanggungnya.

Ada kisah tentang seseorang yang berbadan gemuk . dengan terpaksa ia harus memikul berkarung-karung beras setiap hari karena ia adalah seorang kuli angkut. Bayangkan bagaimana badan gemuk itu bisa berjalan dengan lancar. Tubuhnya sendiri sudah merupakan beban yang berat ditambah lagi dengan karung-karung beras yang harus  dipikulnya. Tapi beberapa bulan kemudian, ia terbebas dari penyakit jantungnya karena dengan memikul karung-karung beras itu rupanya ia berolah raga secara teratur dan jantungnya bisa normal kembali.

 Demikianlah dengan beban hidup kita. Kita tidak bisa menghindar dari setiap beban yang harus dipikul setiap hari. Yang harus kita lakukan adalah menggunganya dengan tekun dan sabar. Bukankah TUHAN sudah katakan bahwa pencobaan yang kita alami setiap hari tidaklah melebihi kekuatan kita? Kalau tidak ada beban, mungkin kita akan tetap hidup dalam dosa. Atau kalau semuanya mulus-mulus saja, kita tidak akan pernah ingat TUHAN. Kalau tidak ada sakit penyakit yang berat mungkin kita tidak akan pernah memberikan waktu yang banyak untuk bersekutu dengan TUHAN, berpuasa dan mencari DIA. Kalau tidak ada tantangan di dalam usaha dan pekerjaan, kita mungkin akan santai-santai saja dan tidak lagi mengembangkan diri. TUHAN bisa memakai beban-beban untuk mendatangkan hal-hal yang baik bagi kita semua. Beban juga bisa mengikis kesombongan-kesombongan yang ada.

Banyak orang merasa stres karena menanggung beban berat di dalam hidupnya. Namun kita harus bersyukur kepada TUHAN karena selain IA membuat kita  bisa terbang lebih tinggi melalui latihan memikul beban setiap hari, IA juga berjanji akan selalu memberi kekuatan yang baru setiap hari untuk bisa melalui dan menanggung segalanya. Haleluya!!!! TUHAN mau kita menjadi orang-orang yang kuat, yang bisa tetap berdiri teguh dan tidak tergoyahkan di dalam kehidupan ini. Itu sebabnya IA melatih kita. Jangan berkata bahwa kalau kita menanggung beban, TUHAN sedang menghukum. IA sedang melatih prajurit-prajuritNYA menjadi yang tahan banting. Prajurit yang tidak cengeng di dalam menghadapi segala masalah dan beban. Prajurit yang mandiri. Prajurit yang gagah berani dan yang bisa menguatkan orang yang ada di dalam kelemahan karena mereka sendiri mengerti apa artinya beban dan sudah menang atasnya. Prajurit yang mampu menghibur dan menguatkan mereka yang menderi sakit karena mereka sendiri sudah mengalami derita penyakit tetapi mereka dapat mengatasi melalui kekuatan yang dari TUHAN.

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA