YESUS MERINDUKAN KESATUAN TERJADI DALAM KEHIDUPAN UMATNYA

 Minggu, 06 Juni 2010
Bacaan : Yohanes 17 : 6 - 21


Saudara  yang  dikasihi  Tuhan  Yesus  Kristus  ……..
Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang bukan saja berpikir bagaimana ia   harus sukses dalam  kepemimpinannya  saat  ia  memimpin, melainkan ia juga harus     berpikir  bagaimana  ia  harus mempersiapkan  kader-kader  yang  handal  sebagai      penggantinya agar apa yang dikerjakannya saat ini dapat dilanjutkan oleh pemimpin    berikutnya.   
       Dan yang tidak kala pentingnya dari  semua itu adalah bagaimana ia menciptakan kesatuan dalam wadah yang dipimpinnya, baik dalam masa kepemimpinannya, maupun pada masa yang akan datang agar wadah yang dipimpinnya tetap eksis dan berkesinambungan.  Inilah teladan kepemimpinan Yesus yang digambarkan dalam  bacaan ini.
       Ada beberapa hal yang kita pelajari melalui doa Yesus ini  :  1). Doa ini menekankan suasana keberhasilan atau kemenangan.  Tuhan  Yesus menang, Dia berhasil melakukan tugas yang ditetapkan oleh Bapa yaitu dengan adanya  orang-orang yang percaya  pada pemberitaan-Nya (ay.6,8).   2). Dalam doa ini Yesus menyerahkan para murid dan semua orang percaya kepada Bapa karena Yesus akan meninggalkan mereka, agar Bapa tetap memelihara dan menjaga mereka.   3). Dalam doa ini Yesus meminta kepada Bapa        agar orang percaya dikuduskan dalam kebenaran sebab mereka akan diutus untuk     melanjutkan misi-Nya. 4). Doa ini menjelaskan tentang kesatuan antara Bapa  dan Yesus.  Bapa  sebagai Pengutus dan Yesus sebagai Utusan,  namun pada  hakekatnya Bapa dan Yesus  adalah  satu.  Artinya,  doa  ini  selain  mengungkapkan  makna  dogmatis  tetapi  juga  makna praktis, bahwa Yesus merindukan  agar kesatuan  itu  terjadi dalam          kehidupan  para  pengikut-Nya.
       Dengan  demikian dalam doa ini terkandung harapan dan kerinduan Yesus sebagai Pemimpin bahwa setiap orang percaya akan dijadikan  Kawan  Sekerja-Nya  dalam        kelanjutan  misi-Nya  dan  menjadi  pemenang.  Agar  kita  bisa  menjadi  pemenang  dalam  mewujudnyatakan misi Yesus,  marilah  kita hidup dalam kekudusan dan tetap menjaga persatuan  kita.
         Walau  dalam  banyak  hal  terdapat  perbedaan  diantara umat Tuhan,  namun         perbedaan itu jangan  dijadikan  persoalan;  justru  perbedaan  menjadi  kekayaan  dalam  persekutuan  kita.  Mengertilah  bahwa  perbedaan  itu  adalah  anugrah  Tuhan.

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA