DIALAH YANG AKAN MENYELAMATKAN UMATNYA DARI DOSA MEREKA

Bacaan Matius 1 : 18 – 23
Hamil sebelum menikah. Itulah yang terjadi dengan Maria dari Nazaret, tunangan Yusuf. Maria hamil sebelum ia menikah dengan Yusuf. Maria hamil sebelum ia menjadi istri Yusuf. Maria hamil sebelum ia dan Yusuf melakukan hubungan suami istri. Karena Maria hamil sebelum menikah dengan Yusuf, tunangannya, Maria akan menghadapi masalah besar. Maria pasti akan di8kucilkan oleh keluarga besarnya karena mendatangkan aib bagi keluarga besarnya. Maria pasti akan dihukum oleh penduduk kota Nazaret, karena telah melanggar perintah Allah dengan berbuat zinah. Pertunangan Maria dengan Yusuf pasti akan putus. Sebab Yusuf pasti tidak akan mau menerima melanjutkan ikatan pertunangan dengan Maria ke jenjang perkawinan.
Tetapi Maria tidak takut. Sebab Maria tidak melanggar perintah Tuhan dengan berbuat Zinah. Maria hamil sebelum menikah dengan Yusuf bukan karena ia berbuat zinah dengan laki-laki lain. Maria hamil sebelum menikah dengan Yusuf karena pekerjaan Roh Kudus. Allah melalui pekerjaan Roh Kudus yang menempatkan ‘benih Ilahi’ di dalam kandungan Maria. Benih Ilahi itu selanjutnya berproses menjadi seorang bayi. Karena itu Maria siap untuk menanggung semua akibat yang harus ia terima akibat hamil sebelum menikah.
Seharusnya sebagai tunangan Yusuf, Maria menjelaskan tentang kehamilannya kepada Yusuf. Tetapi Maria belum menjelaskan kepada Yusuf tentang kehamilannya. Sebelum Maria menjelaskan kepada Yusuf tentang kehamilannya, Yusuf mengetahui bahwa Maria hamil. Sebagai seorang lakai-laki, Yusuf sangat marah. Sebab Yusuf dan Maria belum pernah melakukan hubungan suami istri karena mereka belum menikah. Sekalipun menurut Yusuf, Maria telah melakukan sebuah ‘kejahatan besar’ karena hamil sebelum mereka menikah, Yusuf tidak mau mempermalukan maria. Karena itu jalan keluar yang terbaik menurut Yusuf adalah ia akan memutuskan pertunangannya dengan maria secara diam-diam.
Maria hamil bukan karena ia melanggar perintah Allah dengan berbuat zinah. Maria hamil atas kehendak Allah. Maria hamil karena ia harus mengerjakan tugas mulia yang Allah percayakan kepadanya, yaitu menjadi Ibu bagi Mesias, Sang Penyelamat dari Allah.
Allah tidak pernah membiarkan hamba-Nya yang setia dan taat binasa karena mengerjakan tugas suruhan Allah. Allah dengan setia akan menjaga, akan melindungi, akan menolong hamba-Nya yang setia dan taat. Karena itu Allah menyuruh malaikat-Nya menjumpai Yusuf untuk menjelaskan kepada Yusuf tentang kehamilan Maria. Ketika Yusuf sedang tidur, malaikat Allah datang kepada Yusuf dan mengatakan : “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka” (Lukas 1 : 21)
Karena itu Yesus bukan anak haram. Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Yesus adalah Allah yang datang ke dunia dalam wujud seorang anak manusia. Allah melalui pekerjaan Roh Kudus yang menghadirkan benih Ilahi di dalam kandungan Maria. Benih Ilahi itu kemudian berproses menjadi seorang bayi laki-laki. Bayi itu kemudian lahir dan diberi nama Yesus. Sebab melalui bayi bernama Yesus yang dilahirkan Maria, Allah datang ke dunia untuk mencari dan menyelamatkan manusia dari cengkeraman kuasa dosa dan dari kebinasaan. Melalui bayi bernama Yesus yang dilahirkan Maria, Allah datang ke dunia untuk memulihkan kembali hubungan yang akrab dengan manusia.
Mari kita sambut kasih Allah yang luar biasa besar itu. Mari kita memberi diri untuk diperdamikan dengan Allah. Mari kita hidup berdamai satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA