ALLAH YANG PEDULI DAN MENGERTI


Bacaan Alkitab Mazmur 10:12-18
12  Bangkitlah, ya Tuhan! angkatlah kiranya tangan-Mu, ya Allah jangan apalah Engkau lupa akan orang miskin.  
13  Mengapa orang fasik itu selalu menghujat akan Allah serta berkata dalam hatinya bahwa tiada Engkau akan menuntutnya?  
14  Sesungguhnya Engkau melihat dia! Bahkan, Engkau melihat segala susah dan kesukaran itu; Engkau akan mengambil dia kepada hatimu; kepadamu juga orang miskin menaruhkan dirinya, karena Engkau memang penolong anak piatu.  
15  Patahkanlah kiranya lengan orang fasik dan balaslah segala kejahatan orang durhaka, sehingga Engkau tiada mendapat akan dia lagi.  
16  Bahwa Tuhan itulah Raja yang kekal selama-lamanya; maka segala orang kafir itu sudah hilang dari pada tanahnya.  
17  Ya Tuhan! Engkau sudah mendengar kehendak orang yang lembut hatinya; Engkau meneguhkan hati mereka itu dan telingamupun mendengar akan mereka itu,  
18  hendak membenarkan hal anak piatu dan orang yang teraniaya, supaya jangan manusia di atas bumi berkanjang dalam menggagahi orang.  
Saudara terkasih;
Apa pekerjaan yang ringan tapi menyusahkan? Menunggu. Menunggu sesuatu yang baik dalam keadaan baik sudah menyusahkan. Jantung berdebar. Apa lagi menunggu yang baik dalam keadaan tidak baik, pasti lebih menyusahkan.
Umat Allah sering mengalami kenyataan menyesakkan. Pada saat yang sama seolah-olah TUHAN tidak bertindak. Ini menjadi pergumulan iman yang hebat. Ejekan dan cibiran orang-orang fasik melecehkan keyakinan iman umat Allah (ayat 13). Jika tidak memiliki dasar yang teguh dan pengenalan akan TUHAN Allah yang setia dan berkuasa, umat Allah dapat terjerebab dalam jurang keputusaan. Pada sisi lain keadaan terpuruk dan tertindas membuat umat teruji bahkan semakin matang dan dewasa (ayat 14). Kasih dan kuasa TUHAN semakin dihayati. Pengenalan dan kedekatan dengan Allah semakin dalam (12, 15-16). TUHAN Allah tidak pernah tidur; Ia mempunyai kehendak dan waktu-Nya untuk menyatakan kepedulian-Nya. Ia sangat mengerti berbagai persoalan yang dihadapi umat-Nya. Ia bertindak dan menjamah kehidupan umat-Nya secara pribadi sebagai milik-Nya.
Di hari  ditahun baru ini, kita bersyukur atas kenyataan hidup yang harus kita jalani; yang menyenangkan dan membuat hati senang maupun yang menyengsarakan yang membuat hati menangis karena diejak. Firman TUHAN menggambarkan dunia yang penuh dosa, yang dirusak oleh berbagai ketidakbenaran, kenajisan, kebobrokan, kesesatan dan kecongkakan. Ingatlah bahwa kita tidak pernah ditinggal sendirian oleh Allah yang mengasihi kita. Ia peduli dan mengerti akan keberadaan hidup kita mulai dari hal yang paling sederhana sampai pada persoalan yang teramat dasyat! Ia ada, Ia bertindak dan Ia mengasihi umat-Nya yang percaya dan setia kepada-Nya.
KJ. 405 : Kaulah, ya Tuhan, Surya Hidupku  
1.  Kaulah, ya Tuhan, Surya hidupku;
asal Kau ada, yang lain tak perlu.
Siang dan malam Engkau kukenang;
di hadiratMu   jiwaku tenang!  
2. Kaulah Hikmatku, Firman hidupku;
Kau besertaku dan ‘ku besertaMu.
Engkau Bapaku, aku anakMu;
denganMu, Tuhan,   ‘ku satu penuh.  
3. Kaulah bagiku tempat berteduh;
Kaulah perisai dan benteng  teguh.
Sukacitaku kekal dalamMu;
Kuasa sorgawi, Engkau kuasaku!  
4. Tak kuhiraukan pujian fana;
hanya Engkaulah pusaka baka!
Raja di sorga, Engkau bagiku
harta abadi, bahagia penuh!  
5. Bila saatnya ‘ku menang,
t’rimalah daku di sorga cerlang!  
Apa pun kini hendak kutemu,
Kaulah, ya Tuhan, Surya hidupku!  

Doa : (Ya Allah, Terima kasih untuk kasih setia-Mu, untuk kesabaran dan ketabahan , serta pengharapan yang Kau karuniakan)
SBU|A.R.Pjs|Kamis, 03 Januari 2013|

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA