A. Latar Belakang
1. Pemahaman Iman GPIB sebagai payung teologi GPIB dalam melaksanakan Visi, Misi serta aksi Pelkat khususnya Pelkat Gerakan Pemuda.
2. PKUPPG sebagai kerangka landasan operasional yang mengarah pada tatanan kehidupan masyarakat yang rukun dan adil selama 5 tahun ke depan (KUPPG jangka pendek II, 2011-2016)
3. Program Sinode GPIB tahun program 2011 – 2012 yang dilaksanakan oleh Dewan Pemuda GPIB bekerjasama dengan UP2M (Unit Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat)
4. Sasaran kegiatan UP2M adalah pemberdayaan jemaat dan masyarakat di Pos Pelayanan dan Kesaksian (Pos Pelkes), melalui Program Pengembangan Usaha Pedesaan dimana pemuda diharapkan dapat menjadi ujung tombak dari kegiatan dimaksud.
5. Agar aksi sosial pemuda ke pos pelkes ini dapat menjadi efektif, maka Dewan Pemuda memberikan suatu konsep baru yang mengarah pada pemberdayaan ekonomi jemaat sehingga kemandirian warga jemaat dapat tercapai ke depannya.
6. Hasil koordinasi Dewan Pemuda GPIB dengan UP2M tentang penentuan lokasi pelaksanaan, yaitu di dusun air Abik, Belinyu - Bangka
Berdasarkan hal – hal tersebut di atas maka kami memberikan nama pada kegiatan ini :
”AKSI BAKTI SOSIAL & PEMBERDAYAAN”
ABSP – Bangka 2012
B. Tempat & Waktu Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan : Pos Pelkes ‘Benih’, dusun Air Abik
Wilayah pelayanan GPIB Jemaat Immanuel - Belinyu
Mupel Bangka-Belitung
Waktu pelaksanaan : Sabtu s/d Jumat, Tanggal 11 – 17 Februari 2012.
C. Tema
”Manusia Bare’k yang t’ros-mener’os dibare’k agi’k”
(”Manusia baru yang terus-menerus diperbaharui”)
(Efesus 4 : 23,24)
D. Tujuan
1. Mengupayakan kemandirian warga jemaat GPIB khususnya di Pos Pelkes GPIB
2. Membantu pengembangan ekonomi jemaat di pos pelkes.
3. Membantu UP2M GPIB untuk melakukan Pengembangan Usaha Pedesaan di tempat kegiatan (Air Abik, Bangka).
E. Arti Logo ABSP
1. Burung Merpati, artinya adalah “pembawa berita sukacita”
2. Yang sedang terbang, artinya adalah “pekerja”
3. Daun Zaitun, artinya adalah “harapan baru”
Logo ini menggambarkan bahwa seluruh anggota tim ABSP ingin membaktikan dirinya untuk menjadi pembawa berita sukacita dan sebagai pekerja, pembawa harapan baru untuk jemaat GPIB khususnya dan masyarakat di luar GPIB pada umumnya.
F. Fokus Kegiatan
Rencana difokuskan pada :
1. Pengadaan Bibit Coklat serta Penanaman coklat.
2. Pengadaan Bibit Karet serta Penanaman pohon karet.
3. Pembinaan tentang Budidaya ikan lele
4. Pengadaan Bahan untuk pembangunan Kolam Lele & pemberian induk Lele jenis Sangkuriang.
5. Pembersihan lahan sengon.
6. Pemupukkan pohon sawit.
7. Pengobatan gratis untuk warga jemaat dan warga desa sekitar yang non kristen.
8. Pengadaan Bahan Bangunan untuk Pembangunan Toilet Gereja.
9. Pembinaan Pengelolaan Keuangan warga Jemaat.
Beberapa hal yang menjadi fokus kegiatan tersebut diatas, juga akan bermanfaat bagi peserta karena seluruh peserta akan dibekali dengan teknik-teknik pertanian, perikanan (khususnya budidaya lele), serta manajemen keuangan yang akan disampaikan oleh tenaga profesional.
G. Peserta
Target Maksimal peserta adalah 150 Warga Jemaat GPIB kategori umur pemuda yang dalam hal ini adalah PGP maupun AGP di seluruh wilayah pelayanan GPIB, Pelkat PKP, Pelkat PKB, Tenaga Bina atau Senior GP di jemaat masing-masing, Presbiter (Pnt/Dkn) dengan rekomendasi dari Majelis Jemaat.
Ketentuan umum sebagai berikut ;
1. Menjunjung Persekutuan, Pelayanan dan Kesaksian dengan mengikuti Peraturan ABSP – Babel 2012.
2. Sangat diharapkan membawa obat – obatan pribadi dan kebutuhan pribadi lainnya yang relevan dengan pergerakan di lapangan.
3. Untuk pencegahan hal-hal menyangkut kesehatan seperti malaria atau penyakit lainnya, disarankan agar peserta meminum obat 1 minggu sebelum berangkat ke lokasi dan membawa persediaan obat secukupnya.
4. Peserta membawa pakaian secukupnya selama 7 hari 6 malam, Sleeping Bag/Matras (disarankan), Sepatu segala kondisi (Sandal gunung/sepatu boot/sepatu kets), pakaian hangat, jas hujan/payung, Senter dan batere yang cukup, Topi, Alkitab.
5. Peserta yang secara fisik kurang sehat disarankan kepada jemaat agar tidak diutus.
6. Peserta tidak diperkenankan membawa barang elektronik mewah seperti Tablet Tab, Ipad, Laptop.
7. Maksimal tiap jemaat dapat mengutus 3 orang peserta per jemaat. (kecuali permintaan khusus dari Jemaat)
I. Pendaftaran, pembayaran serta akomodasi
1. Pendaftaran peserta paling lambat tanggal 31 Januari 2012. (apabila peserta melebihi target panitia sebelum tanggal tersebut diatas, Panitia akan menutup pendaftaran.)
2. Mengisi formulir pendaftaran dan wajib menyertakan Surat tugas dari Majelis Jemaat dimana peserta berdomisili.
Formulir pendaftaran, bukti pembayaran dan Surat Tugas tersebut sebelumnya dapat di-fax ke kantor Majelis Sinode up. : Dewan Pemuda, sampai dengan tanggal 31 Januari 2012. Sedang Berkas asli dari Formulir pendaftaran, bukti pembayaran dan surat tugas dapat diserahkan pada saat pendaftaran ulang kepada Panitia bertugas.
3. Pendaftaran ulang dilakukan di GPIB Maranatha-Pangkalpinang, Bangka pada tanggal 11 Februari 2012 s/d pukul 12.00 Wib
4. Kontribusi peserta per orang sebesar Rp.600.000,-(Enam Ratus ribu Rupiah)
5. Pembayaran kontribusi dapat dilakukan lewat transfer langsung ke rekening Dewan Pemuda ;
BCA : 2170251213 a/n. Eden Siahaan (Ketua DGP).
Mandiri : 1240005891719 a/n. Renzy R. Lumempouw (Bendahara DGP)
6. Untuk Peserta yang menggunakan transportasi udara, Panitia akan menjemput di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang pada tanggal 11 Februari 2011 sampai dengan pukul 12.00 untuk selanjutnya diantar ke “Meeting Point” di GPIB Maranatha-Pangkalpinang, Bangka.
7. Untuk peserta yang menggunakan transportasi laut, panitia akan menjemput di Pelabuhan laut Belinyu.(cat : apabila jadwal kapal Pelni tiba di Belinyu tgl.10-11 februari 2011)
Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Panitia dan Dewan Pemuda;
Ketua Panitia : Eugene Manusama – 081519434323 (Pin BB : 274649A2)
Sekretaris Panitia : Anne Kaunang – 081315171701/081514444343
(Pin BB : 22FFF6DF)
Dewan Pemuda : Rudolf ‘Oweth’ Haurissa – 0812 8811 6060
Catatan :
Bila sebelum hari pelaksanaan ada peserta yang telah tiba di Pangkalpinang lebih awal dan membutuhkan tempat inap, dapat menghubungi panitia lokal atau Dewan Pemuda untuk dapat dicarikan tempat inap, dengan beban biaya inap ditanggung oleh peserta. Panitia hanya mengakomodir peserta selama kegiatan dimulai dan berakhir yaitu dari tanggal 11-17 Februari 2011.
J. Jadwal Kegiatan
Terlampir
K. Penutup
Demikianlah disampaikan Petunjuk Pelaksanaan ini, terima kasih atas perhatiannya.
Tuhan memberkati gerak pelayanan kita bersama,
Panitia ABSP Bangka – 2012
Tidak ada komentar :
Posting Komentar