TAHUN GEREJAWI GPIB : MINGGU PENTAKOSTA


 
TAHUN GEREJAWI GPIB : MINGGU PENTAKOSTA

Warna Dasar  : Merah | Lambang : Lidah – Lidah Api | Warna Api        : Kuning | Warna Merpati : Perak |

PENTAKOSTA :
Pentakosta (Yunani berarti yang ke 50 ), yakni hari ke 50 sesudah Paska. Hari ke-50 sesuai dengan Ulangan 16:9-12 adalah suatu pesta Besar, yakni pesta Panen Raya dan pesta Kemerdekaan. Tidak kebetulan bahwa pada hari ke-50 Yerusalem penuh orang. Pada Hari Pentakosta, ROH KUDUS yang dijanjikan oleh YESUS KRISTUS ketika IA naik takhta di Surga, turun ke atas para murid. Artinya, mereka semua dibaptis dalam ROH KUDUS, sehingga mereka mendapat kekuatan dan keberanian untuk bersaksi (Kisah 2:14; 22-24, 32-33; 36).
Dengan demikian, ROH KUDUS panen pertama sesudah YESUS KRISTUS bangkit dan naik ke takhta di Surga. Dan juga orang-orang yang menjadi percaya oleh pemberitaan para Rasul dengan kuasa Roh Kudus (Kisah 2:37-42) adalah juga adalah panen pertama. Makanya hari Pentakosta diperingati juga sebagai Hari Kelahiran Gereja, dimana melalui kuasa Roh Kudus Gereja dilengkapi untuk melaksanakan tugas pengutusannya kepada bangsa-bangsa.

ARTI
Lidah-lidah api dan burung Merpati yang menukik menunjukkan pada peristiwa pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kisah 2:2-3). Tujuh Lidah Api menyimbolkan ke tujuh suluh api, yaitu ketujuh Roh Allah (Wahyu 4:5) membentuk Lingkaran yang menghadirkan kekekalan, Keabadian.

Tidak ada komentar :

DOA; sangat besar kuasanya

YESUS MEMBUATMU BERHARGA